SELAMAT DATANG DI AHLUL BAIT NABI SAW

AHLUL BAIT NABI SAW: Media Agama Dan Hati Umat Islam * Media Persatuan dan Kesatuan Sunni Dan Syiah


Berikut ini kami sampaikan sebagian dari adab-adab umrah dan hal-hal yang disunnahkan ketika melakukan umrah sehingga para penziarah dapat mengetahui hal-hal tersebut dan dengan membawa catatan ini dapat mengamalkan amalan-amalan tersebut dengan baik dan dapat memperoleh pahala ziarah dari Allah Swt.

Meskipun sebenarnya adab-adab umrah tersebut sangat banyak sekali, namun demi menyingkat tulisan ini maka kami tidak menyampaikan seluruh hal-hal yang disunnahkan tersebut.

A. Hal-hal yang disunnahkan sebelum melakukan Ihram
  1. Satu bulan sebelumnya, rambut kepala dan jenggot hendaklah jangan dipotong atau dipendekkan.
  2. Membersihkan dan mensucikan badan.
  3. Memotong kuku dan memendekkan kumis.
  4. Mandi sunnah ihram ketika berada di miqat dan hendak memulai ihram.
B. Hal-hal yang disunnahkan ketika melakukan ihram
Apabila memungkinkan hendaklah ihram itu dilakukan setelah melakukan shalat dhuhur, tetapi apabila tidak memungkinkan hendaklah melakukannya setelah shalat wajib atau shalat fardhu yang lainnya. Apabila hal tersebut pun tidak mungkin dilakukan, hendaklah ihram dilakukan setelah melaksanakan enam atau dua rakaat shalat sunat dimana pada rakaat pertama setelah membaca surah Al Fatihah membaca surah Tauhid dan pada rakaat kedua setelah membaca surah Al Fatihah membaca surah Jahd atau Al Kafirun. Tentu melakukan shalat sunnah enam rakaat (dua rakaat tiga kali) adalah lebih afdhal.

Menyampaikan pujian-pujian kepada Allah Swt setelah melakukan shalat dan membacakan shalawat untuk Rasulullah dan keluarga suci beliau Saw.

Ketika mengenakan dua lembar kain ihram hendaklah membaca doa sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الّذِيْ رَزَقَنِيْ مَا اُوَارِيْ بِهِ عَوْرَتِيْ، وَ اُؤَدِّي فِيْهِ فَرْضِيْ، وَ اَعْبُدُ فِيْهِ رَبِّيْ، وَ اَنْتًهِي فِيْهِ اِلَى مَا اَمَرَنِيْ، اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَصَدْتُهُ فَبَلَّغَنِيْ، وَاَرَدْتُهُ فَاَعَانَنِيْ وَ قَبِلَنِيْ وَلَمْ يَقْطَعْ بِيْ، وَوَجْهَهُ اَرَدْتُ فَسَلَّمَنِيْ، فَهُوَ حِصْنِيْ وَ كَهْفِيْ وَ حِرْزِيْ وَ ظَهْرِيْ وَ مَلاَذِيْ وَ رَجَائِيْ وَ مُنْجَايَ وَ ذُخْرِيْ وَ عُدَّتِيْ فِيْ شِدَّتِيْ وَ رَخَائِي

C. Hal-hal yang disunnahkan ketika membaca talbiyiah
  1. Setelah membaca talbiyyah seukuran yang diwajibkan maka disunahkan membaca bacaan berikut ini:
لَبَّيْكَ ذَا الْمَعَارِجِ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ دَاعِيًا اِلَى دَارِ السَّلاَمِ لَبَّيْك، لَبَّيْكَ غَفَّارَ الذُّنُوْبِ لَبَّيْك، لَبَّيْكَ اَهْلَ التَّلْبِيَةِ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ ذَا الْجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ تُبْدِي وَ الْمَعَادُ اِلَيْكَ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ تَسْتَغْنِيْ وَ يُفْتَقَرُ اِلَيْكَ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ مَرْهُوْبًا وَ مَرْعُوْبًا اِلَيْكَ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ اِلَهَ الْحَقِّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ ذَا النَّعْمَاءِ وَ الْفَضْلِ الْحَسَنِ الْجَمِيْلِ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ كَشَّافَ الْكُرَبِ الْعِظَامِ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ عَبْدُكَ وَ ابْنُ عَبْدَيْكَ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ يَا كَرِيْمُ لَبَّيْكَ
  1. Hendaklah bacaan talbiyah tersebut diulang-ulang ketika ihram terutama pada kondisi sebagai berikut:
    1. Ketika bangun dari tidur.
    2. Setiap kali menyelesaikan shalat wajib dan shalat sunah.
    3. Ketika tiba di kendaraan.
    4. Ketika naik atau turun dari bukit.
    5. Ketika naik atau turun dari kendaraan.
    6. Pada akhir malam.
    7. Pada waktu sahur.
D. Menghentikan talbiyah
Barang siapa yang telah melakukan ihram untuk Umrah Mufradah, maka ketika ia telah memasuki daerah haram, hendaklah menghentikan bacaan talbiyahnya dan tidak boleh membaca labbaik. Dan apabila ia tinggal di sekitar haram, kemudian untuk melakukan ihram ia pergi keluar haram, maka ketika ia telah memakai pakaian ihram dan melihat Ka’bah, ia harus menghentikan bacaan talbiyahnya.

E. Hal-hal yang dimakruhkan ketika ihram
  1. Menggunakan pakaian ihram yang berwarna hitam dan sebaiknya pakaian ihram yang dikenakan berwarna putih.
  2. Menggunakan pakaian ihram yang kotor.
  3. Mandi dan lebih utamanya, orang yang sedang ihram ketika mandi hendaklah tidak menggosok badannya dengan alat yang biasa dipakai untuk menggosok badan dan sejenisnya.
  4. Mengucapkan “Labbaik”untuk menjawab panggilan seseorang.
F. Hal-hal yang disunnahkan di saat memasuki Masjidil Haram
  1. Sebelum memasuki Masjidil Haram disunahkan melakukan mandi sunnah terlebih dahulu.
  2. Memasuki Masjidil Haram dengan bertelanjang kaki dengan keadaan tenang dan penuh t
  3. Masuk dari pintu “Bani Syaibah” [1].
  4. Ketika tiba di Babus Salam hendaklah berdiri di depan pintu dan mengucapkan bacaan berikut:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ، بِسْمِ اللهِ وَ مَا شَاءَ اللهُ ، اَلسَّلاَمُ عَلَى اَنْبِيَاءَ اللهِ وَ رُسُلَهُ، اَلسّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِ اللهِ، وَالحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن .
اَللَّهُمَّ فُـكَّ رَقَبَتِيْ مِنَ النَّارِ.
وَ اَوْسِعْ عَلَيَّ مِنْ رِزْقِكَ الْحَلاَلِ الطَّيِّبِ وَادْرَأْ عَنِّيْ شَرَّ شَيَاطِيْنِ الْجِنِّ وَ اْلاِنْسِ وَ شَرَّ فَسَقَةِ الْعَرَبِ وَ الْعَجَمِ
  1. Kemudian memasuki Masjidil haram dan ketika mendekati Ka’bah, hendaklah menengadahkan tangan dan berdoa sebagai berikut:
 اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ فِيْ مَقَامِيْ هَذَا وَ فِي اَوَّلِ مَنَاسِكِيْ اَنْ تَقْبَلَ تَوْبَتِيْ وَ اَنْ تَتَجَاوَزَ عَنْ خَطِيْئَتِيْ وَ اَنْ تَضَعَ عَنِّيْ وِزْرِيْ، اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ بَلَّغَنِيْ بَيْتَهُ الْحَرَامِ، اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَشْهَدُ اَنَّ هَذَا بَيْتُكَ الْحَرَامِ الَّذِيْ جَعَلْتَهُ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَ اَمْنًا مُبَارَكًا وَ هُدًى لِلْعَالَمِيْن، اَللَّهُمَّ اِنِّيْ عَبْدُكَ وَ الْبَلَدُ بَلَدُكَ وَ الْبَيْتُ بَيْتُكَ، جِئْتُ اَطْلُبُ رَحْمَتَكَ وَاَؤُمُّ طَاعَتَكَ، مُطِيْعًا ِلاَمْرِكَ رَاضِيًا بِقَدَرِكَ، اَسْاَلُكَ مَسْاَلَةَ الْفَقِيْرِ اِلَيْكَ الْخَاِئفَ لِعُقُوْبَتِكَ، اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَ اسْتَعْمِلْنِيْ بِطَاعَتِكَ وَ مَرْضَاتِكَ
  1. kemudian menghadap ke arah Ka’bah dan mengucapkan:
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ عَظَّمَكَ وَ شَرَّفَكَ وَ كَرَّمَكَ، وَ جَعَلَكَ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَ اَمْنًا مُبَارَكًا وَ هُدًى لِلْعَالَمِيْنَ

G. Adab & sunah-sunah thawaf
  1. Ketika melakukan thawaf disunahkan mengucapkan:
 اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْاَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِيْ يُمْشَى بِهِ عَلَى طَلَلِ الْمَاءِ كَمَا يُمْشَى بِهِ عَلَى جُدَدِ اْلأَرْضِ،  وَ اَسْاَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِيْ يَهْتَزُّ لَهُ عَرْشُكَ، وَ اَسْاَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِيْ تَهْتَزُّ لَهُ اَقْدَامُ مَلاَئِكَتِهِ ، وَ اَسْاَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِيْ دَعَاكَ بِهِ مُوْسَى مِنْ جَانِبِ الطُّوْرِ فَاسْتَجَبْتَ لَهُ، وَأَلْقَيْتَ عَلَيْهِ مَحَبَّةً مِنْكَ، وَ اَسْاَلُكَ بِاسْمِكَ الَّذِيْ غَفَرْتَ بِهِ لِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَ مَا تَأَخَّرَ، وَ اَتْمَمْتَ عَلَيْهِ نِعْمَتَكَ.

Setelah itu utarakanlah hajat yang diinginkan kepada Allah Swt.
  1. Di saat sedang melakukan thawaf dianjurkan untuk membaca doa berikut:
اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اِلَيْكَ فَقِيْرٌ وَ اِنِّيْ خَائِفٌ مُسْتَجِيْرٌ، فَلاَ تُغَيِّرْ جِسْمِيْ وَ لاَ تُبَدِّلِ اسْمِيْ
  1. Memperbanyak shalawat atas nabi Muhammad dan keluarga beliau Saw, khususnya ketika berada di dekat pintu Ka’bah lalu bacalah do’a berikut:
سَائِلُكَ فَقِيْرُكَ مِسْكِيْنُكَ بِبَابِكَ، فَتَصَدَّقْ عَلَيْهِ بِالْجَنَّةِ ، اَللَّهُمَّ اَلْبَيْتُ بَيْتُكَ ، وَ الْحَرَمُ حَرَمُكَ ، وَ الْعَبْدُ عَبْدُكَ ، وَ هَذَا مَقَامُ الْعَائِذِ بِكَ ، اَلْمُسْتَجِيْرِ بِكَ مِنَ النَّارِ، فَاَعْتِقْنِيْ وَ وَالِدِيْ وَاَهْلِيْ وَ وُلْدِيْ وَاِخْوَانِيَ الْمُؤْمِنِيْنَ مِنَ النَّارِ ، يَا جَوَادُ يَا كَرِيْمُ
  1. Pada saat sampai di Hijir Ismail dan menghadap ke arah talang air (Miyzaab) pada bagian atas Ka’bah maka tengadahkan kepala sambil berdoa seperti berikut:
 اَللَّهُمَّ اَدْخِلْنِي الْجَنَّةَ ، وَ اَجِرْنِيْ مِنَ النَّارِ بِرَحْمَتِكَ ، وَ عَافِنِيْ مِنَ السُّقْمِ وَ اَوْسِعْ عَلَيَّ مِنَ الرِّزْقِ الْحَلاَلِ ، وَادْرَأْ عَنِّيْ شَرَّ فَسَقَةِ الْجِنِّ وَ اْلإِنْسِ وَ شَرَّ فَسَقَةِ الْعَرَبِ وَ الْعَجَمِ
  1. Setelah melewati Hijir Ismail dan tiba di belakang Ka’bah, maka ucapkan bacaan:
يَا ذَا الْمَنِّ وَ الطُّوْلِ ، يَا ذَا الْجُوْدِ وَ الْكَرَمِ ،عَمَلِيْ ضَعِيْفٌ فَضَاعِفْهُ لِيْ ، وَ تَقَبَّلْهُ مِنِّيْ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
  1. Pada saat berada di sebelah Rukun Al Yamani, hendaklah menengadahkan tangan sambil berdoa seperti berikut:
 يَا اَللهُ يَا وَلِيَّ الْعَافِيَةِ، وَخَالِقَ الْعَافِيَةِ ، وَرَازِقَ الْعَافِيَةِ، وَالْمُنْعِمُ بِالْعَافِيَةِ، وَالْمَنَّانُ بِالْعَافِيَةِ، وَالْمُتَفَضِّلُ بِالْعَافِيَةِ عَلَيَّ وَعَلَى جَمِيْعِ خَلْقِكَ ، يَا رَحْمَانَ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ ، وَارْزُقْنَا الْعَافِيَةَ ، وَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ ، وَشُكْرَ الْعَافِيَةِ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
  1. Kemudian tengadahkan/hadapkan kepala ke arah Ka’bah dengan mengangkat kedua tangan dan berdoa:
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ شَرَّفَكَ وعَظَّمَكَ، وَالْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ بَعَثَ مُحَمَّدًا نَبِيًّا وَ جَعَلَ عَلِيًّا اِمَامًا، اَللَّهُمَّ اهْدِ لَهُ خِيَارَ خَلْقِكَ وَجَنِّبْهُ شِرَارَ خَلْقِكَ.
  1. Di saat berada di antara Rukun Al Yamani dan Hajar Aswad, berdoa dengan doa berikut:
رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

H. Hal-hal yang dianjurkan (mustahab) dalam shalat thawaf
Ketika melaksanakan shalat thawaf, disunahkan pada rakaat pertama setelah membaca Al Fatihah melanjutkannya dengan bacaan surah Tauhid, dan pada rakaat kedua setelah membaca Al Fatihah melanjutkannya dengan bacaan surah Qul Yaa Ayyuhal Kafirun.[2] Dan setelah selesai melaksanakan shalat Thawaf, disunahkan untuk menyampaikan puji-pujian kepada Allah Swt dan mengirimkan shalawat atas Muhammad Saw. dan keluarga sucinya. Kemudian memohon dari Allah Swt. agar menerima segala permohonan dan do’anya dengan mengucapkan:

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ ، وَلاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنِّيْ، اَلْحَمْدُ ِللهِ بِمَحَامِدِهِ كُلِّهَا عَلَى نَعْمَائِهِ كُلِّهَا، حَتَّى يَنْتَهِيَ الْحَمْدُ اِلَى مَا يُحِبُّ وَ يَرْضَى، اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمََّدٍ ، وَ تَقَبَّلْ مِنِّيْ وَ طَهِّرْ قَلْبِيْ وَزَكِّ عَمَلِيْ.

I. Hal-hal yang disunnahkan sebelum melakukan sa’i
  1. Setelah melakukan shalat thawaf dan sebelum melakukan Sa’i, disunahkan minum air zam-zam ala kadarnya dan disunatkan pula menuangkannya/mengusapkannya ke bagian kepala, punggung dan perut sambil membaca:
    اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ عِلْمًا نَافِعًا ، وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَ سُقْمٍ
  2. Setelah itu berjalan menuju ke atas bukit Safa dengan hati dan badan yang tenang. Kemudian menujukan pandangan ke arah Ka’bah dan menghadap ke arah sudut tempat Hajar Aswad diletakkan sambil mengucapkan pujian kepada Allah Swt serta mengingat segala kenikmatan yang telah diberikan oleh Nya. Pada saat itu ucapkanlah dzkir-dzikir berikut ini:
الله أكـبر tujuh kali
الحمد لله tujuh kali
لا إله إلا الله  tujuh kali
لاَ إِلَهَ إِلاًَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِي وَ يُمِيْتُ وَ هُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 3 x
  1. Setelah itu sampaikanlah shalawat atas nabi Muhammad Saw. dan keluarga sucinya yang dilanjutkan dengan bacaan berikut:
الحمد لله seratus kali
سبحان الله seratus kali

J. Hal-hal yang disunnahkan ketika sa’iy
  1. Mustahab (disunahkan) melakukan Sa’i dengan berjalan kaki mulai dari bukit Safa sampai di menara pertengahan (saat ini ditandai dengan lampu berwarna hijau). Dari batas lampu hijau tersebut hingga pasar Atharan (lampu berwarna hijau berikutnya) hendaklah melakukan sa’i dengan “harwalah” (berlari-lari kecil). Dan dari tempat tersebut hingga bukit Marwah hendaklah dilakukan dengan berjalan biasa (tidak cepat dan tidak lambat). Dan pada saat kembali dari bukit Marwah ke bukit Safa lakukan pula dengan cara yang sama. Sedangkan untuk wanita tidak disunatkan melakukan “harwalah”.
  2. Ketika tiba di satu tempat yang disunatkan melakukan harwalah, hendaknya membaca doa berikut:
    بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ ، وَاللهُ اَكْبَرُ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ اَهْلِ بَيْتِهِ، اَلَّلهُمَّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمُ، اِنَّكَ أَنْتَ اْلاَعَزُّ اْلاَجَلُّ اْلاَكْرَمُ، وَاهْدِنِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ، اَلَّلهُمَّ إِنَّ عَمَلِيْ ضَعِيْفٌ فَضَاعِفْهُ لِيْ، وَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ، اَلَّلهُمَّ لَكَ سَعْيِيْ، وَبِكَ حَوْلِيْ وَقُوَّتِيْ، تَقَبَّلْ مِنِّيْ عَمَلِيْ يَا مَنْ يَقْبَلُ عَمَلَ الْمُتَّقِيْنَ
  3. Pada saat tempat harwalah telah dilalui hendaklah membaca:
يَا ذَا الْمَنِّ وَالْفَضْلِ وَالْكَرَمِ وَالنَّعْمَاءِ وَالْجُوْدِ، ِاغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ، إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ
  1. Ketika tiba di bukit Marwah hendaklah membaca apa yang telah dibaca di bukit Safa dan juga membaca do’a-do’anya secara tertib sebagaimana yang telah dijelaskan. Dan setelah itu ucapkanlah:
 اَللَّهُمَّ يَا مَنْ اَمَرَ بِالْعَفْوِ، يَا مَنْ يُحِبُّ الْعَفْوَ، يَا مَنْ يُعْطِي عَلَى الْعَفْوِ، يَا مَنْ يَعْفُو عَلَى الْعَفْوِ ، يَا رَبَّ الْعَفْوِ ، اَلْعَفْـوَ، اَلْعَفـْوَ، اَلْعَفـْوَ.
  1. Ketika melakukan sa’i disunahkan banyak menangis dan sangat dianjurkan untuk berusaha dan memaksa diri agar dapat menangis serta memperbanyak do’a. Dianjurkan pula membaca do’a berikut ini:
اَللَّهُمّ اِنِّيْ اَسْاَلُكَ حُسْنَ الظَّنِّ بِكَ عَلَى كُلِّ حَالٍ، وَ صِدْقَ النِّيَّةِ فِى التَّوَكُّلِ عَلَيْكَ

K. Anjuran dan Sunah-sunah lainnya
Diantara yang dianjurkan untuk dilakukan oleh jemaah haji/umrah di saat tinggal di Makkah Muazhamah dan Madinah Al Munawarh adalah sebagai berikut:
  1. Memperbanyak membaca dzikir kepada Allah Swt dan membaca Al Qur’an.
  2. Mengkhatamkan Al Qur’an Al Karim.
  3. Minum air zam-zam dan setelah itu membaca do’a sebagai berikut:
اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ عِلْمًا نَافِعًا ، وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَ سُقْمٍ. بِسْمِ اللهِ وَ الشُّكْرُ ِللهِ
  1. Banyak memandang Ka’bah dan mengulang-ulanginya.
  2. Setiap sehari semalam disunnahkan melakukan thawaf sebanyak sepuluh kali, tiga kali thawaf pada awal malam, tiga kali thawaf pada akhir malam, dua kali thawaf setelah memasuki waktu subuh dan dua kali thawaf setelah zhuhur.
  3. Pada saat berada di kota Mekkah disunnahkan melakukan thawaf sebanyak tiga ratus enam puluh kali. Apabila tidak mampu melakukan sebanyak ini, maka lakukanlah sebanyak lima puluh dua kali. Dan apabila hal inipun tidak bisa dilakukan, maka lakkukanlah berapapun yang bisa dilakukan.
  4. Termasuk adab-adab di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi adalah banyak melakukan shalat dimana hal ini mempunyai pahala yang sangat besar. Bahkan di sebagian riwayat disebutkan bahwa pahala satu rakaat shalat yang dilakukan di Masjidil Haram sama dengan seratus ribu rakaat shalat yang dilakukan di tempat lain. Dan pahala satu rakaat shalat yang dilakukan di Masjid Nabawi di Madinah sama dengan sepuluh ribu rakaat shalat yang dilakukan di tempat lainnya.[3] Oleh karena itu alangkah baiknya jika para penziarah bisa menggunakan waktu dan kesempatan yang bagus ini sebaik-baiknya. Dan apabila seseorang mempunyai hutang atau qadha shalat wajib, hendaklah qadha shalat tersebut dilakukan di tempat yang mulia ini sehingga dia bisa melakukan kewajiban syar’i-nya dan bisa pula memperoleh pahala yang begitu banyak.
L. Menghindari Ikhtilaf & Perpecahan
Dalam rangka menjaga persatuan dan persaudaraan kaum muslimin, maka perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Tidak diperbolehkan keluar dari Masjidil Haram atau dari Masjid Nabawi ketika shalat jamaah telah dimulai. Seluruh Mukminin jemaah haji dan umrah diwajibkan mengikuti shalat jamaah bersama mereka[4].
  2. Mengikuti shalat jamaah bersama saudara-saudara kita yang bermadzhab Ahlussunnah tidak hanya dikhususkan ketika berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi saja, tetapi di masjid-masjid lainnyapun ketika berada di kota Mekkah dan Madinah dianjurkan mengikuti shalat jamaah bersama mereka dan hal itu dianggap sah.
  3. Sah hukumnya melakukan sujud di atas batu marmer yang dihamparkan di dalam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
  4. Di dalam Masjid Nabawi dibolehkan sujud di atas karpet atau permadani dan tidak boleh meletakkan turbah untuk sujud di atasnya. Oleh karena itu tidak ada kewajiban untuk mencari tempat yang kosong dari karpet/permadani. Sebagaimana tidak ada kewajiban untuk membawa tikar (daun/jerami) dan sejenisnya. Namun jika hal itu (membawa tikar untuk dijadikan tempat sujud) bisa dilakukan dan tidak menimbulkan penghinaan dari kaum muslimin yang lain, maka boleh-boleh saj dilakukan. Yang harus diperhatikan adalah tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat menjadi bahan tudingan dan ejekan serta hinaan orang lain [5].
Beberapa masalah penting:
  1. Musafir (Jemaah haji/umrah yang tidak niat tinggal lebih dari 10 ) di saat berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi boleh melakukan shalat wajib 4 rakaat (Dhuhur, Ashar dan Isya’) secara tamam atau sempurna dan boleh juga melakukannya secara qasar(2 rakaat). Hukum ini berlaku untuk mesjid asli atupun setelah perluasan[6].
  2. Tidak diperbolehkan membawa (pulang) Al Qur’an dari Masjidil Haram atau Masjid Nabawi atau dari masjid-masjid lainnya tanpa minta zin terlebih dahulu kepada pengurus masjid yang bersangkutan.
  3. Apabila masa haid seorang wanita tiba ditengah-tengah amalan umrahnya, hendaklah ia merubah tugas dan kewajibannya. Dalam keadaan ini hendaklah dia merujuk pada kitab manasik haji atau bertanya kepada pemimpin rombongan agar taklif dan kewajibannya dapat dilaksanakan dengan baik dan benar[7].
Saran-saran Divisi Haji Maqam Muadzam Rahbari
  1. Amal ibadah dan manasik haji hendaklah dikaji dan dipahami dengan teliti. Hendaklah senantiasa mengikuti pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh pimpinan rombongan sehingga tidak ada satu amal ibadahpun yang dilakukan tanpa adanya petunjuk dan bimbingan mereka, karena apabila terdapat sedikit saja dari hal-hal ini yang diremehkan, bisa jadi amalan hajinya menjadi rusak dan batal dan bisa jadi hal ini tidak bisa diganti atau diperbaiki hingga akhir ibadah haji, dan bisa jadi dia selamanya akan tetap menjadi seorang muhrim yaitu tetap dalam keadaan ihram, sehingga hal ini akan menyulitkan dirinya ketika kembali ke negaranya.
  2. Para penziarah yang mulia, ketika berada di tempat-tempat shalat berjamaah, haruslah mengikuti shalat berjamaah tersebut bersama mereka dan tidak ada uzur atau alasan apapun untuk keluar dari masjid tersebut. Hal ini dilakuakan demi menjaga nama baik dan ukhuwah Islamiyah dalam pandangan orang-orang Ahlus Sunnah, begitu juga hendaklah jangan melewati atau berjalan di hadapan orang-orang yang sedang melakukan shalat.
  3. Ketika membaca do’a-do’a dan ziarah, hendaklah jangan mengeraskan suara. Bacalah doa-doa dan ziarah tersebut dengan suara yang lirih dan pelan dan dengan hati yang khusyu’ serta dengan menghadirkan hati di hadapan Allah Swt.
  4. Hendaklah jangan meletakkan uang atau benda lainnya di dalam makam Rasulullah Saw. dan tempat-tempat lainnya. Apabila mempunyai nadzar sehubungan dengan hal ini, hendaklah bermusyawarah terlebih dahulu kepada pemimpin rombongan atau kepada ruhani lainnya.
  5. Shalat-shalat wajib dan shalat-shalat mustahab hendaklah dilakukan di Masjid Nabawi. Dan demi menjaga kemuliaan dan kehormatan tasyayyu’, hendaklah jangan melakukan shalat di pinggiran atau di samping kuburan-kuburan Baqi’.
  6. Saudari-saudari yang mulia ketika berada di tempat Haramain Syarifain yaitu dua tanah haram yang mulia yang merupakan tempat diturunkannya wahyu dan Al Qur’an al Karim, hendaklah menjaga hijab dan menutup auratnya sebaik mungkin. Sebagaimana mereka telah berziarah ke makam Hadhrat Fatimah Zahra Sa. maka hendaklah mereka mengambil suri tauladan dan contoh yang baik dari beliau. Jangan sampai –na’udzubillah- tingkah lakunya menyebabkan ketidaksenangan dan ketidakrelaan putri tercinta Rasulullah Saw tersebut.
  7. Hindarilah menghisap rokok, memakan makanan dan melemparkan sesuatu di dalam masjid, terutama di dalam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
Doa Ziarah Rasulullah Saw

اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّكً رَسُوْلُ اللهَ وَ اَنَّكَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ وَ اَشْهَدُ اَنَّكَ قَدْ بَلَّغْتَ رِسَالاَتِ رَبِّكَ وَ نَصَحْتَ ِلاُمَّتِكَ وَجَاهَدْتَ فِي سَبِيْلِ اللهِ وَعَبَدْتَ اللهَ حَتَّى اَتاكَ الْيَقِيْنُ بِالْحِكْمِةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَاَدَّيْتَ الَّذِيْ عَلَيْكَ مِنَ الْحَقِّ وَاَنَّكَ قَدْ رَؤُفْتَ بِالْمُؤْمِنْيْنَ وَغَلَظْتَ عَلَى الْكَافِرِيْنَ فَبَلَّغَ اللهُ بِكَ اَفْضَلَ شَرَفِ مَحَلِّ الْمُكَرَّمِيْنَ اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ اسْتَنْقَذَنَا بِكَ مِنَ الشِّرْكِ وَالضَّلاَلِ ، اَللَّهُمَّ فَاجْعَلْ صَلَوَاتِكَ وَصَلَوَاتِ مَلاَئِكَتِكَ الْمُقَرَّبِيْنَ وَاَنْبِيَائِكَ الْمُرْسَلِيْنَ وَعِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ وَاَهْلِ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرَضِيْنَ وَمَنْ سَبَّحَ لَكَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ مِنَ اْلاَوَّلِيْنَ وَاْلآخِرِيْنِ ،  عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ وَنَبِيِّكَ وَ اَمِيْنِكَ وَ نَجِيِّكً وَ حَبِيْبِكَ وَصَفِيِّكَ وَخَاصَّتِكَ وَصِفْوَتِكَ وَخِيَرَتِكَ مِنْ خَلْقِكَ، اَللَّهُمَّ اَعْطِهِ الدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَآتِهِ الْوَسِيْلَةَ مِنَ الْجَنَّةِ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا يَغْبِطُهُ بِهِ اْلاَوَّلُوْنَ وَالآخِرُوْنَ،  اَللَّهُمَّ اِنَّكَ قُلْتَ وَلَوْ اَنَّهُمْ اِذْ ظَلَمُوْا اَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوْا اللهَ وَ اسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُوْلُ لَوَجَدُوْا اللهَ تَوَّابًا رَحِيْمًا وَاِنِّيْ اَتَيْتُكَ مُسْتَغْفِرًا تَائِبًا مِنْ ذُنُوْبِيْ وَاِنِّيْ اَتَوَجَّهُ بِكَ اِلَى اللهِ رَبِّيْ وَ رَبِّكَ لِيَغْفِرَ لِيْ ذًنُوْبِيْ[8]
  
Doa Ziarah Hadhrat Fatimah Zahra As

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكِ يَا مُمْتَحَنَةُ، قَدِ امْتَحَنَكِ الَّذِيْ خَلَقَكِ قَبْلَ اَنْ يَخْلُقَكِ، فَوَجَدَكِ لِمَا امْتَحَنَكِ صَابِرَةً، وَنَحْنُ لَكِ اَوْلِيَاءٌ صَابِرُوْنَ، وَمُصَدِّقُوْنَ لِكُلِّ مَا اَتاْنَا بِهِ اَبُوْكِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ، وَ أَتَانَا بِهِ وَصِيُّهُ ، فَاِنَّا نَسْأَلُكَ اِنْ كُنَّا صَدَّقْنَاكِ اِلاَّ اَلْحَقْتِنَا بِتَصْدِيْقِنَا لَهُمَا لِنُبَشِّرَ اَنْفُسَنَا اَنَّا قَدْ طَهُرْنَا بِوِلاَيَتِكِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكِ يَا بِنْتَ رَسُوْلِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكِ يَا بِنْتَ نَبِيِّ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكِ يَا بِنْتَ خَلِيْلِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكِ يَا بِنْتَ اَمِيْنِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكِ يَا بِنْتَ خَيْرِ خَلْقِ اللهِ، أُشْهِدُ اللهَ وَرَسُوْلَهُ وَمَلاَئِكَتَهُ اَنِّيْ رَاضٍ عَمَّنْ رَضِيْتِ عَنْهُ، سَاخِطٌ عَلَى مَنْ سَخِطْتِ عَلَيْهِ،  مُتَبَرِّئٌ مِمَّنْ تَبَرَّأْتِ مِنْهُ، مُوَالٍ لِمَنٍ وَالَيْتِ، مُعَادٍ لِمَنْ عَادَيْتِ، مُبْغِضٌ لِمَنْ اَبْغَضْتِ، مُحِبٌّ لِمَنْ اَحْبَيْتِ، وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا وَحَسِيْبًا وَجَازِيًا وَمُثِيْبًا

Setelah itu kirimkan shalawat kepada Rasulullah Saw. dan para Imam As. 

Doa Ziarah Para Imam Ahlul Bayt as di Baqi’ Madinah

 اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَئِمَّةَ الْهُدَى ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ اَهْلَ التَّقْوَى، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ اَيُّهَا الْحُجَجُ عَلَى اَهْلِ الدُّنْيَا، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ اَيُّهَا الْقُوَامُ فِى الْبَرِيَّةِ بِالْقِسْطِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ اَهْلَ الصَّفْوَةِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ آلَ رَسُوْلِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ اَهْلَ النَّجْوَى، اَشْهَدُ اَنَّكُمْ قَدْ بَلَّغْتُمْ وَنَصَحْتُمْ وَصَبَرْتُمْ فِى ذَاتِ اللهِ وَكُذِّبْتُمْ وَ أُسِيْئَ اِلَيْكُمْ فَغَفَرْتُمْ، وَاَشْهَدُ اَنَّكُمُ اْلأَئِمَّةُ الرَّاشِدُوْنَ الْمُهْتَدُوْنَ، وَأَنَّ طَاعَتَكُمْ مَفْرُوْضَةٌ، وَاَنَّ قَوْلَكُمُ الصِّدْقُ، وَاَنَّكُمْ دَعَوْتُمْ فَلَمْ تُجَابُوْا، وَاَمَرْتُمْ فَلَمْ تُطَاعُوْا ، وَاَنَّكُمْ دَعَائِمُ الدِّيْنِ وَاَرْكَانُ اْلاَرْضِ، لَمْ تَزَالُوْا بِعَيْنِ اللهِ يَنْسَخُكُمْ مِنْ اَصْلاَبِ كُلِّ مُطَهَّرٍ، وَيَنْقُلُكُمْ مِنْ اَرْحَامِ الْمُطَهِّرَاتِ ، لَمْ تُدَنِّسْكُمُ الْجَاهِلِيَّةُ الْجَهْلاَء ، وَ لَمْ تَشْرَكْ فِيْكُمْ فِتَنُ اْلاَهْوَاءِ، طِبْتُمْ وَ طَابَ مَنْبَتُكُمْ، مَنَّ بِكُمْ عَلَيْنَا دَيَّانُ الدِّيْنِ، فَجَعَلَكُمْ فِى بُيُوْتٍ اَذِنَ اللهُ اَنْ تُرْفَعَ وَ يُذْكَرَ فِيْهَا اسْمُهُ، وَ جَعَلَ صَلاَتَنَا عَلَيْكُمْ رَحْمَةً لَنَا وَ كَفَّارَةً لِذُنُوْبٍنَا، اِذِ اخْتَارَكُمُ اللهُ لَنَا، وَ طَيَّبَ خَلْقَنَا بِمَا مَنَّ عَلَيْنَا مِنْ وِلاَيَتِكُمْ، وَ كَنَا عِنْدَهُ مُسَمِّيْنَ بِعِلْمِكُمْ، مُعْتَرِفِيْنَ بِتَصْدِيْقِنَا اِيَّاكُمْ ، وَ هَذَا مَقَامُ مَنْ اَسْرَفَ وَاَخْطَأَ وَاسْتَكَانَ وَاَقَرَّ بِمَا جَنَى، وَ رَجَى بِمَقَامِهِ الْخَلاَصَ، وَ اَنْ يَسْتَنْقِذَهُ بِكُمْ مُسْتَنْقِذُ الْهَلْكَى مِنَ الرَّدَى، فَكُوْنُوْا لِيْ شُفَعَاءَ فَقَدْ وَ فَدْتُ اِلَيْكُمْ اِذْ رَغِبَ عَنْكُمْ اَهْلُ الدُّنْيَا وَ اتَّخَذُوْا آيَاتِ اللهِ هُزُوًا وَاسْتَكْبَرُوْا عَنْهَا، يَا مَنْ هُوَ قَائِمٌ لاَ يَسْهُو وَ دَائِمٌ لاَ يَلْهُو وَمُحِيْطٌ بِكُلَّ شَيْءٍ، لَكَ الْمَنُّ بِمَا وَفَّقْتَنِيْ وَعَرَّفْتَنِيْ بِمَا اَقَمْتَنِيْ عَلَيْهِ، اِذْ صَدَّ عَنْهُ عِبَادُكَ وَ جَهِلُوْا مَعْرِفَتَهُ وَ اسْتَخَفُّوْا بِحَقِّهِ وَ مَالُوْا اِلَى ِسَواهُ، فَكَانَتِ الْمِنَّةُ مِنْكَ عَلَيَّ مَعَ اَقْوَامٍ خَصَصْتَهُمْ بِمَا خَصَّصْتَنِيْ بِهِ، فَلَكَ الْحَمْدُ اِذْ كُنْتَ عِنْدَكَ فِيْ مَقَامِيْ هَذَا مَذْكُوْرًا مَكْتُوْبًا فَلاَ تَحْرِمْنِيْ مَا رَجَوْتُ وَلاَ تُخَيِّبْنِيْ فِيْمَا دَعَوْتُ، بِحُرْمَةِ مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ  وَ صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ.

Setelah itu berdo’alah sesuai dengan hajat yang diinginkan, kemudian lakukanlah dua rakaat shalat ziarah untuk setiap Imam As. (untuk menjaga kemuliaan para Aimmah Baqi As. hendaklah para penziarah melakukan shalat ziarah ini di dalam Masjid Nabawi dan menghindari diri dari melakukan shalat ziarah tersebut di dalam pekuburan).

Doa Ziarah Jami’ Awwal (Jami’ah Shaghirah)
Ziarah ini dinukil dari Imam Ridha As. dan termuat di dalam kitab-kitab: Al Kafi, Tahdzib dan Kamil az Ziarah. Ziarah ini bisa dibaca di seluruh makam para Nabi dan Imam As.[9]

اَلسَّلاَمُ عَلَى اَوْلِيَاءٍ اللهِ وَ اَصْفِيَائِهِ ، اَلسَّلاَمُ عَلَى اُمَنَاءِ اللهِ وَ اَحِبَّائِهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى اَنْصَارِ اللهِ وَخُلَفَائِهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى مَحَالِّ مَعْرِفَةِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى مَسَاكِنِ ذِكْرِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى مُظْهِرِيْ اَمْرِ اللهِ وَ نَهْيِهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى الدُّعَاتِ اِلَى اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى الْمُسْتَقَرِّيْنَ فِى مَرْضَاتِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى الْمُخْلِصِيْنَ فِى طَاعَةِ اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى اْلأَدِلاَّءِ عَلَى اللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَى الَّذِيْنَ مَنْ وَالاَهُمْ فَقَدْ وَالَى اللهَ، وَ مَنْ عَادَاهُمْ فَقَدْ عَادَى اللهَ، وَ مَنْ عَرَفَهُمْ فَقَدْ عَرَفَ اللهُ ، وَ مَنْ جَهِلَهُمْ فَقَدْ جَهِلَ اللهَ، وَ مَنِ اعْتَصَمَ بِهِمْ فَقَدِ اعْتَصَمَ بِاللهِ، وَ مَنْ تَخَلَّى مِنْهُمْ فَقَدْ تَخَلَّى مِنَ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ، وَ اُشْهِدُ اللهَ اَنِّيْ سِلْمٌ لِمَنْ سَالَمْتُمْ، وَ حَرْبٌ لِمَنْ حَارَبْتُمْ، مُؤْمِنٌ بِسِرِّكُمْ وَعَلاَنِيَّتِكُمْ، مُفَوِّضٌ فِى ذَلِكَ كُلِّهِ اِلَيْكُمْ، لَعَنَ اللهُ عَدُوَّ آلِ مُحَمَّدٍ مِنَ الْجِنِّ وَ اْلإِنْسِ، وَ أَبْرَأُ اِلَى اللهِ مِنْهُمْ، وَ صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ

Rujukan:
[1]  Terdapat dalam riwayat bahwa setelah hancurnya patung-patung yang berada di Ka’bah dan sekitanya, patung Hubal dipendam di tempat tersebut. Masuk Masjidil Haram disunnahkan dari pintu tersebut sehingga patung yang merupakan manifestasi kesyirikan dan penyembahan kepada selain Allah terinjak di bawah telapak kaki kita, meskipun dikarenakan perluasan masjid, pintu tersebut saat ini tidak ada lagi, akan tetapi dikatakan bahwa pintu tersebut berada berhadapan dengan “Babus Salam”.
[2] Karena shalat thawaf harus dilakukan dengan benar, maka disarankan bagi para penziarah yang tidak bisa membaca
surah tersebut dengan cara yang benar, agar membaca surah At Tauhid juga pada rakaat ke dua seperti rakaat pertama.
[3] Furu’ Kafi, J. 4, hal. 526 dan 556.
[4] Ayatullah Bahjat: Apabila tidak mempunyai hajat yang sangat urgen, hendaklah dia tidak keluar dari masjid tersebut, dan alangkah baiknya apabila dia juga mengikuti shalat berjamaah bersama mereka.
[5] Ayatullah Bahjat: Apabila pada saat berada di Masjid Nabawi memungkinkan untuk sujud di atas sesuatu yang dianggap sah (seperti kertas, dll), maka hendaklah ia melakukan sujud di atasnya. Dan apabila dia melakukan sujud di atas karpet atau permadani yang ada di dalam masjid tersebut, maka dia telah menyalahi ihtiyat
[6] Ayatullah Khamenei : Bahkan di semua tempat di dua kota Mekkah dan Madinah berlaku hukum memilih tersebut.
[7] Secara ringkas jika darah haidh keluar pada saat:
  1. Sebelum melakukan ihram dan dia ingin memulai ihram dari Masjid Syajarah, maka dia bisa niat (memulai) ihram dari luar mesjid dengan nadzar terlebih dahulu atau melakukannya di dalam mesjid, namun hanya berjalan saja dan tidak boleh berhenti. Artinya masuk dari satu pintu di dalam mesjid sambil jalan niat ihram dan keluar dari pintu yang lainnya. Jika dia memulai ihram dari miqat lain, maka dia bisa melakukannya tanpa masuk mesjid, namun cukup niat ihram di luar mesjid.
  2. Setelah ihram namun belum melaksanakan thawaf umrah, maka dia harus menunggu sampai bersih (suci) kemudian melakukan thawaf dan amalan berikutnya. Jika hal itu tidak memungkinkan, misalnya karena rombongan yang bersamanya harus meninggal kota Mekkah sebelum dia suci, maka dia bisa meminta orang lain mewakili thawaf dan shalat thawaf, kemudian dia melakukan sa’iy sendiri dan menggunting sebagian rambutnya. Jika belum juga suci maka thawaf nisa’ dan shalatnya pun diwakili oleh orang lain.
  3. Setelah thawaf umrah dan shalatnya, maka dia bisa melakukan sa’iy dan menggunting rambutnya, kemudian menunggu sampai suci untuk melakukan thawaf nisa’ dan shalatnya, jika tidak memungkinkan maka dia bisa mewakilkan kepada orang lain agar melakukan thawaf nisa’ dan shalatnya dengan niat niyabah (Pent.)
[8] Tahdzibul Ahkam, hal. 606; Kamilu al Ziyarah, hal. 16; Mafatihul Jinan, hal. 629; Tsawabul Haj, hal. 164.
[9] Kafi, J. 4, hal. 579; Tahdzibul Ahkam, J. 6, hal. 102 dan Kamal az Ziarah, hal. 331.

Disarikan dari Buku Tata Cara Umrah Mufradah (hauzahmaya.com/ABNS)

0 komentar:

 
AHLUL BAIT NABI SAW - DOA, BUKU, KHASANAH © 2013. All Rights Reserved. Powered by AHLUL BAIT NABI SAW
Top