Dalam Doa Kumail disebutkan: “Ya Allah, ampunilah
dosa-dosaku yang mendatangkan bencana.”
Dosa-dosa
apa saja yang menyebabkan merobek-robek tirai penjagaan, turunnya
malapetaka, merintangi doa dan sebagainya sebagaimana disinggung dalam
doa Kumail?
Pertanyaan:
Assalamu ‘Alaikum Wr Wb;
Saya ingin bertanya tentang dosa-dosa apa saja yang disinggung Imam Ali
As dalam doa Kumail sebagaimana pada penggalan berikut ini, Ya Allah,
ampunilah dosa-dosaku yang dapat merobek-robek tirai penjagaan(ku). Ya
Allah, ampinilah dosa-dosaku yang dapat menyebabkan turunnya siksa. Ya
Allah, ampunilah dosa-dosaku yang dapat merusak. nikmat. Ya Allah,
ampunilah dosa-dosaku yang dapat merintangi doa. Ya Allah, ampunilah
dosa-dosaku yang dapat menurunkan malapetaka?
Jawaban Global:
Umumnya setiap dosa berpotensi menjadi sebab runtuhnya pintu penjagaan manusia. Setiap dosa dapat menjadi penyebab turunnya bala bencana, tidak terijabahnya doa, dicabutnya rezeki dan berkah dari kehidupan manusia dan lain-lain.
Pada dasarnya ini merupakan tipologi dan konsekuensi natural dari dosa. Hal ini adalah sesuatu yang telah disinggung dalam sebagian referensi dan literatur Islam. Namun pada sebagian riwayat yang ada, terdapat beberapa riwayat yang mencoba menyinggung secara khusus pengaruh dan dampak dari dosa-dosa, seperti: berbuat aniaya kepada orang lain, meninggalkan perbuatan baik dan berlaku ihsan kepada orang lain, kufur nikmat, yang dapat merubah nikmat (karunia) menjadi niqmat (petaka).
Karena itu, terdapat dosa-dosa yang mendatangkan azab, seperti perlakuan aniaya seorang penganiaya yang ia sendiri menyadari hal itu, berlebih-lebihan serta memperlakukan masyarakat lewat dari batas-batas tertentu. Dosa-dosa yang menyebabkan tercerabutnya rezeki manusia, seperti menampakkan kefakiran, tidur ketika waktu salat Isya sehingga ia harus meng-qadha salatnya.
Dosa-dosa yang merobohkan tembok keimanan, seperti meminum minuman keras, berjudi, bermain-main serta bersenda gurau, berkata sia-sia dan tak berguna, mencari-cari aib orang-orang dan berteman dengan ahli maksiat.
Dosa-dosa yang menyebabkan turunnya bala bencana, seperti: tidak membantu orang-orang yang teraniaya, tidak memperhatikan kondisi orang-orang fakir dan meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar. Oleh karena itu, permohonan ampun dan istighfar Imam Ali As adalah untuk seluruh dosa dan bukan dosa tertentu saja.
Pada dasarnya ini merupakan tipologi dan konsekuensi natural dari dosa. Hal ini adalah sesuatu yang telah disinggung dalam sebagian referensi dan literatur Islam. Namun pada sebagian riwayat yang ada, terdapat beberapa riwayat yang mencoba menyinggung secara khusus pengaruh dan dampak dari dosa-dosa, seperti: berbuat aniaya kepada orang lain, meninggalkan perbuatan baik dan berlaku ihsan kepada orang lain, kufur nikmat, yang dapat merubah nikmat (karunia) menjadi niqmat (petaka).
Karena itu, terdapat dosa-dosa yang mendatangkan azab, seperti perlakuan aniaya seorang penganiaya yang ia sendiri menyadari hal itu, berlebih-lebihan serta memperlakukan masyarakat lewat dari batas-batas tertentu. Dosa-dosa yang menyebabkan tercerabutnya rezeki manusia, seperti menampakkan kefakiran, tidur ketika waktu salat Isya sehingga ia harus meng-qadha salatnya.
Dosa-dosa yang merobohkan tembok keimanan, seperti meminum minuman keras, berjudi, bermain-main serta bersenda gurau, berkata sia-sia dan tak berguna, mencari-cari aib orang-orang dan berteman dengan ahli maksiat.
Dosa-dosa yang menyebabkan turunnya bala bencana, seperti: tidak membantu orang-orang yang teraniaya, tidak memperhatikan kondisi orang-orang fakir dan meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar. Oleh karena itu, permohonan ampun dan istighfar Imam Ali As adalah untuk seluruh dosa dan bukan dosa tertentu saja.
Jawaban Detil:
Dalam menjawab pertanyaan ini harus dikatakan bahwa pada dasarnya dan secara umum setiap dosa berpotensi menjadi sebab runtuhnya pintu penjagaan manusia. Setiap dosa dapat menjadi sebab turunnya bala bencana, tidak terijabahnya doa, tercabutnya rezeki dan keberkahan hidup manusia dan lain sebagainya.
Pada dasarnya hal ini merupakan tipologi dan konsekuensi natural dari dosa. Hal ini merupakan sesuatu yang telah disinggung dalam sebagian referensi dan literatur Islam.
Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa Allah Swt berfirman: ”Terkadang
seorang hamba memohon sebuah hajat kepada-Ku dan Aku pun memenuhinya,
namun ia berbuat dosa, Aku pun katakan kepada para malaikat: hamba-Ku
ini telah membuat-Ku murka karena telah melakukan dosa, dan ia telah
membuat dirinya berhak untuk tidak memperoleh nikmat, kemudian dengan
kehendaknya sendiri ia tidak akan memperoleh dari-Ku, kecuali ia kembali
menghambakan diri kepada-Ku”.[1]
Demikian pula Imam Ali As bersabda, ”Demi Allah Swt, tidak ada satu pun nikmat yang dicabut dari manusia, kecuali dikarenakan dosa mereka.”[2]
Pada beberapa penggalan kalimat pertama doa Kumail, boleh jadi Imam Ali As mencoba menyinggung kepada masalah ini, dengan pengulangan kalimat ini Imam Ali As hendak mengatakan bahwa wahai Tuhan-ku ampunilah setiap dosa yang dapat menjadi
sebab turunnya bala bencana, tidak terijabahnya doa, dan lain
sebagainya dariku, sebagaimana di akhir kalimat-kalimat ini Imam Ali as berkata lirih, Maafkanlah daku atas setiap dosa dan kejahatan yang telah kulakukan dan setiap kesalahan dan kelalaian yang lahir dari diriku.
Kaitan
antara bala bencana dan beragam musibah dengan dosa dan maksiat,
digambarkan Al Qur’an sebagai akibat dari dosa yang dilakukan manusia. Al-Qur’an menyatakan, ”Setiap
bala bencana dan musibah yang menimpa kalian, adalah disebabkan
perbuatan-perbuatan yang kalian lakukan dan banyak dari mereka itu telah
dimaafkan oleh Allah Swt.” (Qs. Syura [42]:30).
Oleh
karena itu, dari berbagai ajaran agama, baik dari ayat-ayat maupun
riwayat-riwayat, dapat dipahami bahwa dosa memiliki peran penting dan
pengaruh terhadap turunnya bala bencana sebagai perumpamaan, Imam Shadiq
As bersabda: ”Kehidupan
segala yang ada di laut bergantung kepada air hujan, ketiga hujan tidak
turun maka seluruh apa yang ada di darat dan di laut akan binasa, dan
ini akan terjadi ketika dosa-dosa telah melimpah.”[3]
Kesemua itu merupakan contoh sebagian riwayat yang menjelaskan secara umum tentang akibat dari dosa, namun ada sejumlah riwayat yang mencoba menyinggunng secara khusus akibat dosa yang akan kita sebutkan salah satu dari contoh tersebut pada kesempatan ini.
Abu Khalid Kabuli berkata, “Saya mendengar dari Imam Sajjad As,
beliau bersabda: dosa-dosa yang menyebabkan nikmat itu menjadi berubah
di antaranya adalah: berlaku aniaya terhadap orang-orang, meninggalkan
perbuatan-perbuatan baik dan tidak berlaku ihsan kepada orang-orang,
kufur nikmat dan tidak mensyukurinya. Allah Swt berfirman:”Sesungguhnya Allah Swt tidak akan merubah nasib sebuah kaum sehingga mereka sendiri yang merubah dirinya.” (Qs. Al-Ra’ad [13]:11).
Adapun dosa-dosa yang mendatangkan azab dan bala di antaranya adalah sikap aniaya yang dilakukan penganiaya sementara ia sadar apa yang
dilakukannya, melewati batas kewajaran dalam memperlakukan orang-orang.
Dosa-dosa yang membuat rezeki manusia tercabut, seperti menampakkan
kefakiran, tidur ketika waktu salat Isya sehingga harus meng-qadhâ salatnya, demikian halnya salat Subuh, menganggap remeh berbagai nikmat serta mengeluh kepada Allah Swt. Adapun dosa yang meruntuhkan pondasi keimanan antara lain adalah minum minuman keras, judi, bersendagurau, berkata sia-sia
dan tidak berguna, mencari-cari aib orang-orang dan berteman dengan
manusia-manusia pendosa. Dosa-dosa yang menyebabkan turunnya bala-bencana
dan malapetaka, seperti: tidak membantu orang-orang yang teraniaya,
tidak perduli pada orang-orang fakir dan miskin dan tidak melakukan amar
ma’ruf dan nahi mungkar.
Dosa-dosa yang menyebabkan musuh-musuh bisa
menguasai orang-orang atau masyarakat adalah seperti: perbuatan aniaya
secara terang-terangan, dosa yang dilakukan dengan transparan, melakukan
perbuatan haram, tidak mengikuti ucapan orang-orang saleh dan mengikut
kepada para pendosa. Dosa-dosa yang membuat orang-orang menjadi binasa
dengan cepat di antaranya adalah: memutuskan tali silaturahmi, bersumpah
palsu, mengucapkan kata-kata yang tidak benar, zina, menutup jalan kaum
muslimin dan mengklaim sebagai imam tanpa memiliki kelayakan
sedikit pun. Dosa-dosa yang membuat putus asa adalah di antaranya: putus
asa dari rahmat Allah Swt, lebih mempercayai selain Allah Swt, dan
mendustakan janji-janji Allah Swt dan lain-lain. Dosa-dosa yang
menghalangi terijabahnya doa-doa adalah di antaranya: niat jahat,
batin yang kotor, bersikap munafik terhadap saudara, tidak menerima dan
berlapang dada atas orang lain, menunda-nunda salat wajib hingga
waktunya berlalu, tidak berbuat baik di jalan Allah Swt, tidak
bersedekah dan meninggalkan perbuatan baik (ihsan), mudah berkata-kata kotor. Dan lain sebagainya.[4]
Menarik
untuk dikatakan bahwa masing-masing dari kesemua ini, mungkin saja
masih terdapat hal-hal yang lebih banyak lagi dan secara ringkasnya,
cukup dengan mengisyarah kepada hal ini saja, sebagaimana disebutkan
dalam riwayat-riwayat bahwa ada banyak dalil dan alasan – sekitar 30
faktor – kenapa doa-doa itu tidak terijabah dan sebab-sebab tersebut
bisa ditemukan pada hal-hal seperti: makanan haram, menggunjing, hasud,
ujub, keras hati, riya dan lain sebagainya.
Referensi:
[1]. Hasan Dailami, Irsyâd al-Qulûb ila al-Shawâb, jil. 1, hal. 150, Syarif Radhi, Qom, Cetakan Pertama, 1412 H.
[1]. Hasan Dailami, Irsyâd al-Qulûb ila al-Shawâb, jil. 1, hal. 150, Syarif Radhi, Qom, Cetakan Pertama, 1412 H.
[2]. Ibid.
[3]. Muhammad Baqir Majlisi, Bihâr al-Anwâr, jil. 70, hal. 349, Muassasah al-Wafa, Beirut, 1409 H.
[4]. Silahkan lihat, Hurr Amili, Wasâil al-Syi’ah, jil. 16, hal. 282-283, Alul Bait, Qom, 1409 H.
0 komentar:
Posting Komentar